‘11 Titik Pekerjaan Wash Out, Penyebab Air Bonle’u Macet Total’

  • Share
Kantor PDAM TTS, wajahnya masih seperti yaang dulu. (foto/dokinsert)

SoE, fajartimor.net – Macetnya Air Bonle’u yang dikelola PDAM TTS untuk melayani Air Bersih, Mandi, Cuci dan Kakus karena ada 11 titik yang sengaja di otak atik teknisi untuk alasan pekerjaan Wash Out.

Penegasan tersebut disampaikan salah seorang sumber fajartimor yang mengetahui persis sistim dan tata kelola air di PDAM setempat belum lama ini.

Menurutnya, saat dikerjakan PU, air Bonle’u tidak dapat mengalir secara normal, karena tidak adanya tekanan aliran seturut rumus aliran air.

“Awalnya setelah dikerjakan PU, air tidak dapat mengalir sesuai yang diharapkan. Kendalanya ya pada pemasangan pipa distribusi dari sumber menuju ketinggian dengan elevasi yang tidak tepat”, terangnya.

Setelah ditemukan benang merahnya katanya barulah dilakukan perombakan dan kemudian air Bonle’u dapat melayani warga Kota SoE dan sekitarnya.

“Setelah didapat persoalannya maka kemudian pipa pipa distribusi diposisikan pada posisi yang benar sesuai tinggi rendahnya mengikuti sifat air. Faktanya setelah itu air Bonle’u lancar lancar koq”, sindirnya.

Fakta yang kemudian terkuak lanjutnya, ada sejumlah titik pipa distribusi yang sengaja diotak atik untuk alasan pekerjaan Wash Out (Pembuangan).

“Sebagai orang dalam saya harus jujur mengatakan bahwa ada pekerjaan Wash Out (pembuangan) di 11 titik. Imbasnya air Bonle’u macet total. PDAM TTS janganlah terus mencari pembenaran apalagi mengeluarkan anggaran besar demi sebuah alasan yang sebenarnya sengaja diciptakannya sendiri”, tudingnya.

Dikatakan pemerintah dan Parlamen setempat seharusnya meminta penjelasan PDAM soal kemacetan air Bonle’u tersebut.

“Seharusnya pengawas PDAM TTS di panggil guna dimintai penjelasannya. Atau jangan jangan Pemerintah dan Parlamen juga ikut menikmati kemacetan air Bonle’u tersebut”, tutupnya.

Sementara Pihak PDAM TTS hingga berita ini diturunkan belum bisa dikonfirmasi. (ft/tim)

  • Share