‘Direktur CV. Anugerah Indah dan Kadis Koperindag TTS, Diduga Palsukan Tanda Tangan PPK’

  • Share

SoE, fajartimor.net – JA, Direktur CV. Anugerah Indah dan Kadis Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan TTS, diduga bekerja sama, memalsukan tandantangan HO, PPK proyek UPT dan Kemeterologian Tahun Anggaran 2016.

Hal pencairan uang muka 30 persen (Rp 676. 493.100) kegiatan Belanja Modal Gedung dan Bangunan, (Pengadaan Bangunan Gedung dan tempat kerja lainnya), khusus proyek Bangunan UPT dan Kemeterologian TTS, Tahun Anggaran 2016, dengan total nilai sebesar Rp 2.254.977.00, dilakukan JA (Direktur CV. Anugerah Indah) bekerja sama dengan Kadis Koperindag,B.F.Tobo, SE, tanpa sepengetahuan HO, PPK proyek tersebut, jelas salah satu pejabat penting di Sekretariat pemkab TTS.

“Nanti coba dicek Kebenaraan adanya pemalsuan penandatanganan dokumen pencarian uang muka 30 persen tersebut. Karena informasi yang kami peroleh, saat pencairan uang muka tersebut, HO, PPK proyek Bangunan UPT dan Kemeterologian tidak berada di tempat. Yang bersangkutan saat itu lagi berada di luar TTS”, jelas pejabat tersebut.

Menurutnya, Dokumen Kontrak dan seluruh rangkaian kegiatan administrasi proyek Bangunan UPT dan Kemeterologian TTS, ada dalam wilayah tanggungjawab Penitia Pemilik Kegiatan (PPK). Rekanan seturut perintah Dokumen Kontrak, wajib hukumnya memberi nilai pertanggungjawaban kepada PPK sebagai mitranya, yang pada gilirannya memberi pertangungjawaban moril dan materiil kepada negara. Dan Perpres jelas mengatur itu.

 “Kalau benar hal ini terjadi, saya justru perlu bertanya, apakah memang kontrakor dan Kadis koperindagnya tahu atau sengaja tidak mau tahu. Tapi hemat saya, hal ini adalah sesuatu yang prinsip dan harus diusut sampai tuntas. PPK dan Konsultan Pengawas harus bisa bicara dong”, saran pejabat tersebut.

Sementara baik JA. Direktur CV. Anugerah Indah, Kadis Koperindag TTS dan HO, PPK, proyek Bangunan UPT dan Kemeterolgian TTS, hingga berita ini diturunkan belum dapat dimintai keterangannya.

Data fajartimor menyebutkan Kegiatan Proyek Bangunan UPT dan Kemeterologian TTS tahun anggaran 2016, nilai kontraknya sebesar Rp 2.254.977.000 (dua miliar dua ratus lima puluh empat juta Sembilan ratus tujuh puluh tujuh ribu rupiah), type Dua Lantai, jangka waktu pekerjaan tanggal 29 Agustus 2016 dan berakhir pada 27 Desember 2016. (ft/dean)

  • Share