‘Family Gathering, Bangkitkan Semangat dan Cita Rasa Persaudaraan’

  • Share

Kupang, fajartimor.netMenyulam persaudaraan antar keluarga para pendidik juga Suster-suster pengajar TK dan SD Rosa Mistika Liliba Kupang, menjadi program ekstra kurikuler yang berkelanjutan.

Kegiatan Family Gathering diharapkan menjadi sarana yang kemudian dapat membangkitkan suasana rasa persaudaraan penuh keakraban dengan cita rasa kedaerahan keluarga pengajar, pegawai juga suster suster pengajar jelas Pimpinan dan Penanggungjawab TK dan SD Rosa Mistika Liliba, Kupang-NTT Indonesia, Suster Reni RVM, kepada fajartimor bertempat di Restoran Nelayan, Rabu (13/06/2018), pukul 20.34. Wita.

Menurut Suster Pimpinan berdarah Ende-TTS tersebut, rutinitas kegiatan intra kurikuler sering dirasakan sebagai yang prinsip, penuh target dengan mengedepankan daya saing di era digital.

Beginilah suasana keakraban antar Pimpinan Lembaga TK-SD Rosa Mistika, bersama keluarga para Guru-Pegawai dan para Suster RVM setelah usai kegiatan Family gathering yang digelar secara tertutup di Restoran nelayan, Pasir Panjang-Kupang-NTT-Indonesia (foto istimewa)

“Sebagai sekolah yang masuk nominasi Favorit, kita tidak terus terlarut dalam usaha dan upaya mengejar target. Harus ada suasana lain yang perlu diretas agar rasa ego sentrisme lokal antar pengajar, pegawai dan para suster serta keluarga (istri juga anak-anak pengajar dan pegawai) boleh tersulam secara berkesinambungan”, terang Suster Reni.

Kegiatan Family Gathering malam ini kata Suster yang punya jam terbang tinggi ke luar negeri tersebut, adalah bentuk lain dari sejumlah kegiatan yang serupa.

“Family Gathering (Menyulam Persaudaraan antar keluarga) bentuknya selalu disesuaikan dengan thema kegiatan. Terkadang kita rubah dengan kegiatan Retret, Tamasyah bersama ataupun piknik ke daerah-daerah yang mudah di jangkau. Kita pernah juga buat kegiatan serupa di Bali”, beber Suster Reni.

Program Family Gathering kata Suster Kepala Sekolah yang akan terbang ke Manila dalam beberapa waktu dekat ini, terkadang melibatkan siswa-siswi TK dan SD Rosa Mistika termasuk orang tuanya.

“Program Family Gathering sesuai kiat dan tujuannya tidak saja terbatas pada para pendidik, pegawai serta keluarganya masing-masing, terkadang kegiatan tersebut juga melibatkan siswa-siswi bersama seluruh orang tua atau para walinya. Hemat saya, kemampuan kognitif siswa-siswi harus bisa di pacu dengan diselingi komunikasi aktif yang secara terus-menerus harus bisa diciptakan”, papar Suster Reni.

Hari ini pihak sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Ancila Domini ucap Suster jebolan komunitas RVM yang pernah mengambil studi khusus di luar negeri tersebut, harus berbangga karena bisa bersaing dengan sekolah sekolah lainnya di NTT-Indonesia, mengirim salah satu siswa terbaiknya mengikuti Olimpiade di tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Padang.

“Sekolah kita tahun ini cukup gemilang karena berhasil meloloskan siswi atas nama Maria Vanesa Bunga (siswi kelas V SD, umur 11 Tahun) yang akan mengikuti Olimpiade IPA tingkat Nasional, yang penyelenggaraannya berlangsung di Padang mulai dari tanggal 01 sampai 07 Juli 2018. Siswa tersebut akan didampingi Suster Angel RVM. Sementara saya sendiri akan terbang ke Manila untuk sebuah urusan prinsip”, ungkap Suster Reni.

Luar biasanya, Sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Ancila Domini yang berpusat di Manila, Filipina mulai eksis semenjak tahun pelajaran 2005.

TK dan SD Rosa Mistika Liliba Kupang, NTT-Indonesia ini,  semenjak berdirinya memiliki tenaga pengajar sebanyak 18 orang dengan dibantu oleh tenaga pegawai (Cleaning Service dan Penjaga Sekolah) sebanyak 9 orang.

Hingga saat ini, TK-SD Rosa Mistika telah menghasilkan output siswa-siswa dalam tahun yang ke delapan (VIII), dengan prestasi yang cukup gemilang.

Yang lebih luar biasanya lagi, TK-SD Rosa Mistika yang baru seumur jagung tersebut, justru masuk nominasi Sekolah Favorit, mengalahkan sekolah sekolah lainnya di Kota Kupang. (ft/boni)

  • Share