Kupang, Contoh Pariwisata Daerah, Harus Serius Ditangani

  • Share

Kota, fajartimor.net-Sebagai Pintu masuk daerah tujuan wisata, Kota kupang semestinya mendapat perhatian serius pemerintah daerah. Karena pengalaman membuktikan pariwisata NTT, lesu dan tidak bergairah.

Hal tersebut dikemukan sejumlah warga kota yang berdiam di daerah pesisir pantai pada Rabu (15/7). Kepada fajartimor Paulus Loin, seorang perwakilan warga pantai Kelapa Lima mengatakan sebagai daerah contoh tujuan wisata manca negara, kota Kupang seharusnya sudah dan sementara bergiat menata dan mengelola infrastruktur pariwisata Kota. “Hotel, Restoran, Home Stay, Wisma kelas Melati di bangun di mana mana. Dan dapat dipastikan, semuanya berlokasi di daerah bibir pantai. Namun kesiapan masyarakat akan pengaruh wisata tersebut hampir pasti tidak disinggung sedikitpun oleh pemerintah setempat. Sehingga jangan heran, kalau seluruh pantai di kupang hanya diminati pengunjung lokal”, jelas Paulus.

Menurut Paulus, Bangunan Hempasan gelombang yang telah dilakukan pemerintah provinsi, termasuk Jembatan jembatan penyebrangan yang nampak hampir di semua lokasi pantai Kota Kupang, harusnya diikuti dengan infrastruktur penunjang oleh pemerintah Kota Kupang. “Bagaimana bisa dikunjungi, kalau apa yang dirintis pemerintah provinsi justru diributkan pemerintah kota dan parlemen. Kalau begini caranya, pembangunan wisata yang berkelanjutan mau dikemanakan”, kesal Paulus.

Sementara di satu sisih, pemerintah kota pun perlu menyiapkan warga lokal yang mendiami pesisir pantai daerah tujuan wisata agar nantinya bisa memberi kontribusi berarti bagi kelangsungan wisata itu sendiri. “Saya kira wisata daerah hanya bisa maju dan berkembang jika pemerintah secara terus menerus melakukan sosialisasi akan pentingnya destinasi wisata Kota kepada seluruh warga dan masyarakat. Dan yang terpenting, pemerintah wajib hukumnya membangun infrastruktur penunjang baik itu Pasar Souvenir, Pasar kuliner dan lainnya di dekat pantai. Tentunya hal ini akan menarik minat warga”, saran Paulus (ft/rb)

  • Share