Mahasiswa Faperta Undana Harus Berjiwa Enterpreneur

  • Share

Kupang, fajartimor.net-Patrianus Lali Wolo anggota DPRD NTT Fraksi PDI Perjuangan berkesempatan memberi kuliah umum kepada 300 lebih orang Mahasiswa Faperta Undana.

Materi utama yang disajikan Sang pemilik sejumlah usaha peternakan tersebut adalah seputar implementasi ilmu pengetahuan dalam usaha dan karya nyata yang terencana dan tertata plus berjiwa kewirausahaan di bidang ternak Unggas (Enterpreneurship).

Menurut Patrianus, saat ini ada sekitar 7.000 peternak unggas di NTT. Namun jumlah peternak juga total produksi yang dihasilkan, belum mampu menjawab kebutuhan masyarakat akan protein hewani.

Disesi penjelasan umum, substansi kritis yang menjadi penegasan Patrianus adalah soal kemmpuan mahasiswa mempernyatakan ilmu peternakan khusus unggas.

Gambar, Patrianus Laliwolo, saat menyajikan sejumlah Data kepada Mahasiwa/i Faperta Undana
Gambar, Patrianus Laliwolo, saat menyajikan sejumlah Data kepada Mahasiwa/i Faperta Undana (foto.dok.boni lerek)

“Unggas memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Bagi yang memiliki kemauan, bisa memanfaatkan Dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang kini disiapan lembaga perbankan. Pada prinsipnya, skala usaha yang dijalankan disesuaikan dengan kemampuan dalam tata kelola usaha ternak unggas”, tegas Patris

Patrianus yang familiar dalam komunikasi tersebut mencontohkan, sebelum terpilih sebagai anggota dewan mewakili masyarakat Ngada, Nagekeo, Ende dan Sikka dari PDI Perjuangan pada tahun 2014, dirinya menjalankan usaha ternak unggas sejak tahun 2010. Usaha yang dirintisnya berkembang pesat dan diminati pasar karena memiliki kekhasan tersendiri.

“Saya bahkan mengolah pakan ternak, seturut ilmu yang didapat kala menjadi mahasiswa Peternakan Undana. Pakan yang saya kembangkan itu selain untuk memenuhi kebutuhan unggas juga untuk kebutuhan pasar”, aku Patrianus.

Trend menjadi pegawai negeri atau orientasi PNS kata Patrianus semestinya tidak dominan di benak dan kepala Mahasiswa Peternakan Undana.

Flesibilitas penyajian data yang dilakukan Patrianus mendapat perhatian serius mahasiswa/wi Faperta Undana (foto.dok.boni Lerek)
Flesibilitas penyajian data yang dilakukan Patrianus mendapat perhatian serius mahasiswa/wi Faperta Undana (foto.dok.boni Lerek)

“Ada peluang usaha yang harusnya direbut setiap jebolan Faperta Undana. Contohnya tidak jauh jauh amat. Unggas misalnya, sangat memiliki ruang terbuka hijau di pasaran kebutuhan protein hewani. Jujur saja NTT baru mengkonsumsi dua persen perkapita per tahun protein asal hewan (unggas), sementara ditingkatan nasional berada dikisaran 14 persen. Akan tetapi jumlah konsumsi itu pun lebih banyak didominasi kalangan menengah ke atas”, beber Patrianus.

Patrianus yang terlihat lugas dalam penyajian materi kuliah umum itu tegas mengingatkan mahasiswa akan ancaman kehadiran pengusaha unggas asal negara- negara Asia Tenggar yang masuk di Indonesia, termasuk NTT.

“Saya harus ingatkan adik adik dan teman teman mahiswa bahwa kehadiran pengusaha unggas dari negara negara tertentu jangan kemudian mematikan jiwa usaha semua kita. Ilmu sudah ada, terapkan secara baik di kehidupan nyata. Bukalah usaha dengan brand sendiri sehingga nantinya bisa memberikan sumbangsi berarti bagi kewirausahaan NTT”, tugas Patrianus.

Sajian Materi Enterpreneur seorang Patrianus Laliwolo yang berkarakter dengan mengambil Format Utama, Kuliah Umum Dalam Rangka Dies Natalis Fapet Undana ke 53, dibawah Tema, Bisnis Peternakan di NTT, Sub Tema, Prospek Perunggasan di NTT, justru mendapat apresiasi yang cukup luar biasa dari para Mahasiswa/wi.

Aplaus dan keseriusan seluruh mahasiswa menjadikan suasana kuliah umum tersebut berernergi.

Sehabis kuliah umum, foto bersama dilakukan di pelataran Fakultas Fapet Undana. Tampak, Patrianus Laliwolo, Dekan, Dosen dan sejumlah Mahasiswa menyatakan tekad usaha (enterpreneur) Unggas yang lebih menjajikan masa depan. (foto.dok.boni lerek)
Sehabis kuliah umum, foto bersama dilakukan di pelataran Fakultas Fapet Undana. Tampak, Patrianus Laliwolo, Dekan, Dosen dan sejumlah Mahasiswa menyatakan tekad usaha (enterpreneur) Unggas yang lebih menjajikan masa depan. (foto.dok.boni lerek)

“Materi seperti inilah yang kami butuhkan. Selain membuka wawasan usaha, kami kini punya tawaran pilihan yang nantinya dipernyatakan dalam keseharian usaha dan karya. Terima kasih tak terhingga buat pak Patrianus sekali lagi”, tutur sejumlah mahasiwa Faperta Undana. (ft/boni).

 

  • Share