‘Perangi Kemiskinan NTT; Bupati Raymundus Fernandes Usung Tiga Program Prioritas’

  • Share

Kupang, fajartimor.net – Stigma NTT miskin terus mendorong setiap calon pemimpin untuk bisa memberi tekanan nyata berupa program keberpihakan. Oleh karena itu tiga konsep program yang akan dilakukan yakni NTT Layak Makan, Layak Pakai dan Layak Tinggal.

Penegasan program keberpihakan tersebut disampaikan Bupati Raymundus Sau Fernandes, bakal calon Gubernur NTT periode 2018-2023 Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan pada dialog publik ‘Ba’Omong NTT’ yang diselengarakan Kowmen NTT di Hotel Pelangi Kupang, Selasa (31/10/2017).

Menurutnya masalah kemiskinan rakyat NTT sebenarnya terletak pada ketidakberdayaan pengelolaan sumber daya yang ada.

“Cara berladang masyarakat kita masih sebatas tebas bakar dan kemudian tanam. Curah hujan yang tidak menentu justru menjadi pemicu ketidaktersediaan air yang berujung masyarakat hanya menanam pada saat musim penghujan”, jelas Bupati Ray.

Minimnya kompetensi dasar warga kata Bupati TTU dua periode ini, berakibat pada lemahnya pengetahuan warga akan persoalan tempat tinggal yang layak dan diikuti dengan pola makan yang layak.

“Saya banyak kali turun, ada, tinggal dan merasakan langsung kehidupan warga desa. Dan hampir bisa dipastikan pengetahuan warga akan pola makan yang layak juga tempat tinggal yang layak justru jauh sekali dari harapan”, terang Bupati Ray.

Warga yang pada umumnya petani lanjutnya masi saja terpola dengan apa yang dilakukan para tokoh masyarakat termasuk kepala daerah.

“Jadi untuk membuat masyarakat sadar sebagai bupati ya saya beternak, ayam, babi dan sapi. Harapannya apa yang saya lakukan akan menjadi contoh dan warga masyarakat petani akan menirunya dan melakukannya”, aku Bupati Ray.

Bila kemudian mendapat kepercayaan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ucapnya maka program prioritas yang akan digalakkan secara serius dan tertata yakni program NTT layak.

“NTT Layak yang saya maksudkan yaitu Layak Makan, Layak Pakai dan Layak Tinggal. Sementara soal kepariwisataan akan menjadi penopang utama, tentunya dengan mengedepankan kalayakan usaha masyarakat setempat yang berbasis budaya. Teknisnya seperti apa tentunya akan dikaji lalu disusun secara terencana”, beber Bupati Ray.

Pantaun media ini, kegiatan Ba’Omong NTT di Ikuti oleh Bakal Calon Gubernur Jacky Uly, Bakal Calon Wakil Gubernur Melki Laka Lena, Bakal Calon Gubernur Raymundus Sau Fernandes dan Mayjen Purnawirawan Robert Marut. (ft/boni)

  • Share