Peringati HKN ke 54, RSUD SoE Gelar Donor Darah

  • Share

Soe, Fajartimor.com — Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 54, RSUD SoE mengadakan kegiatan donor darah di halaman kantor Bupati kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Kegiatan donor darah yang diadakan RSUD SoE, Senin (12/11/2018) dalam rangka peringatan HKN ke 54 disambut antusias oleh berbagai pihak.

Pantauan Fajartimor.com pada saat kegiatan tersebut, pihak RSUD SoE sebagai penyelenggara sempat kehabisan persediaan blood bag (kantung darah) yang dipersiapkan dan panitia harus mengambil kantung darah di RSUD karena masih banyak pendonor yang belum sempat mendonorkan darahnya.

Direktur RSUD SoE, dr. R.A. Karolina Tahun, kepada awak media disela kegiatan tersebut menjelaskan bahwa, untuk kegiatan donor darah tersebut pihaknya menargetkan mendapat 50 pendonor.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat yang memiliki golongan darah yang langka seperti golongan darah AB untuk menahan niat baiknya untuk mendonorkan darahnya sampai ada pasien yang membutuhkan transfusi darah golongan AB.

“Untuk kegiatan donor darah ini kami menargetkan 50 pendonor atau 50 blood bag dan pada kegiatan serupa yang kami adakan sebelumnya kami hanya mendapatkan 30 an kali ini melihat antusiasme masyarakat untuk mendonorkan darahnya kami yakin dapat mencapai target yang telah ditetapkan. Untuk pendonor yang memiliki golongan darah yang langka seperti golongan darah AB kami sarankan utuk menunda niat baiknya untuk mendonorkan darahnya, dan menunggu sampai ada pasien yang membutuhkan transfusi darah golongan AB baru dia mendonorkan darahnya. Karena tersebut harus sudah dipakai maksimal 30 hari setelah didonorkan,”katanya.

Ditambahkannya pula, pada peringatan HKN yang ke 54 selain mengadakan kegiatan donor darah, RSUD SoE juga mengadakan kegiatan lain seperti basar panganan lokal, senam bersama,jalan pagi sambil memungut sampah, lomba dance cuci tangan, dan survei kepuasan masyarakat yang puncak pelaksanaannya pada Jumat (16/11/2018).

Ditempat terpisah Ridwan Paoh, Sukarelawan Palang Merah Indonesia saat diwawancarai tentang tingkat kesadaran masyarakat dalam menyumbangkan darah di daerah ini, mengatakan.

” Untuk kesadaran masyarakat, saya menilai sudah semakin baik. Terbukti, semakin hari minat masyarakat untuk mengikuti kegiatan donor darah semakin bagus. Di hari ini tepatnya hari ulang tahun saya juga, saya hanya bisa mengajak semua masyarakat di daerah ini agar lebih rutin mendonorkan darahnya. Karena satu tetes darah kita bisa menyelamatkan nyawa manusia. Walaupun punya banyak uang tapi darah tidak ada, guna apa uang tersebut.” tutur Ridwan.

(nikson)

 

  • Share