Rakernas PDIP Bahas Pembangunan Nasional Semesta Berencana

  • Share

Jakarta, fajartimor.net-Pada Rakernas PDIP yang diselenggarakan kali ini, rumusan dan konsep dasar Pembangunan Nasional Semesta Berencana, menjadi perhatian serius.

Terkait persoalan tersebut akan dibahas di Komisi I. Sementara Komisi II akan membahas tentang sinergi Tiga Pilar Partai, kemudian merumuskannya secara terukur dan terencana melalui program-program kerakyatan yang akan diimplementasikan oleh para petugas Partai yang duduk di struktur Partai, baik Eksekutif, dan Legislatif.

Presiden RI. Ir. Joko Widodo, saat memberi arahan kepada seluruh Kader Partai berlambang Banteng, mata merah dan mulut putih, di pembukaan Rakernas PDIP 2016. (foto/dok.detikcom)
Presiden RI. Ir. Joko Widodo, saat memberi arahan kepada seluruh Kader Partai berlambang Banteng, mata merah dan mulut putih, di pembukaan Rakernas PDIP 2016. (foto/dok.detikcom)

“Komisi I dibagi menjadi dua. Sub komisi pertama akan merekomendasi pembangunan nasional semesta berencana. Sedangkan sub komisi II, membahas khusus tentang sikap politik. Dan Ini akan diisi oleh Ketua DPD dan Ketua DPC,” kata Sekretaris Steering Committee Rakernas I Ahmad Basarah, dalam keterangannya.

Dijelaskan Basarah, Komisi III sendiri akan membahas secara serius hasil evaluasi Pilkada 2015 dan Proyeksi Pilkada 2017 dan 2018.

Menurutnya, pada Pilkada Serentak tahun 2015, PDIP berhasil memenangkan pilkada di 154 daerah dari 269 daerah yang menyelenggarakan Pilkada Serentak. Capaian tersebut akan menjadi bahan referensi, sekaligus evaluasi, dalam rangka menghadapi Pilkada Serentak tahun 2017, 2018, dan Pemilu Serentak 2019.

Kemudian di Komisi IV lanjut Basarah, akan dibahas dan dirumuskan program-program pembangunan nasional yang akan disinergikan dengan pembangunan di daerah, khususnya yang dipimpin oleh Kepala Daerah dari PDIP.

“Komisi III membahas evaluasi kemarin dan proyeksi pilkada ke depan. Sedangkan Komisi terakhir, yaitu ke IV akan membahas sinergi antara pemerintah pusat dan daerah,” terang Basarah. (ft/viva.EP-reza priyadi)

  • Share