Rumah Aspirasi Jeriko, Sukses Salurkan PIP di Kota Kupang

  • Share
Ian Tapaoran, saat ditemui fajartimor di sela sela aktifitas pelayanan PIP kepada ratusan siswa siswi bertempat di Sekretariat Rumah Aspirasi Jeriko

Kota, fajartimor.net – Puluhan ribu siswa (SMA/SMK, SMP/Madrasyah dan SD) di NTT umumnya dan Kota Kupang khususnya harus bersyukur karena harapan pemenuhan kebutuhan pendukung biaya pendidikan bisa terwujud melalui Program Indonesia Pintar, yang sebelumnya di gagas Rumah Aspirasi Jeriko.

Dari sejumlah data siswa yang diakses Rumah Aspirasi Jeriko pada tahun 2011, dan kemudian diperjuangkan Jefri Riwu Koreh saat menjadi anggota Komisi X DPR RI, telah terjawab. Rumah Aspirasi Jeriko selanjutnya dipercaya menyalurkan Program Indonesia Pintar (PIP). Kota Kupang saat ini dijatah mendapatkan layanan PIP tersebut. Sementara daerah daerah lainnya telah terlayani sebelumnya, jelas Ian Tapaoran kepada fajartimor, Senin (12/12/16), di Sekretariat Rumah Aspirasi Jeriko.

“Memang tidak bisa dipungkiri bahwa selama ini pendidikan anak Indonesia khususnya di NTT sudah mendapat perhatian pemerintah entakah itu, BSM (Beasiswa Miskin), BOS (Biaya Operasional Sekolah) dan juga program lainnya termasuk KIP (Kartu Indonesia Pintar). Namun harus diakui pula ada ruang aspirasi Program Indonesia Pintar (PIP) yang dimiliki seorang Jefri Riwu Koreh yang sebelumnya menjadi anggota Komisi X DPR RI. Sinergi untuk melayani secara utuh kemudian didapatnya dan Rumah Aspirasi Jeriko didirikan untuk menampung aspirasi orang tua siswa dan siswa itu sendiri. Bahwa ada saluran dana PIP malalui Rumah Aspirasi Jeriko adalah sesuatu yang normal dan wajar dalam usaha membangun sinergi dengan pemerintah daerah untuk mengentaskan tingkat pemenuhan kebutuhan siswa,” paparnya.

Harus diakui pula kata Ian, layanan PIP yang ditangani langsung oleh Rumah Aspirasi Jeriko dirasakan besar manfaatnya oleh para orang tua siswa/i.

“Bantuan/dana tunai PIP yang ditangani Rumah Aspirasi Jeriko yang diterima siswa/i, dengan didampingi para orang tua masing masing dirasakan betul manfaatnya. Ada banyak sekali pengakuan orang tua siswa/i, bahwa dana tunai PIP yang difasilitasi Rumah Aspirasi Jeriko justru sangat membantu pembelian buku dan alat tulis sekolah, pembelian pakaian/seragam dan alat perlengkapan sekolah (tas, sepatu dll), biaya kursus dan les tambahan, juga uang saku siswa termasuk biaya iuran bulanan anak anak mereka. Selain itu dana tunai yang tanpa potongan sedikitpun tersebut  justru bisa membantu pembelian keperluan lain siswa di sekolah,”, terangnya.

Pihak sekolah lanjut Ian, diharapkan bisa memberi respon positif tanpa berpikir negatif. Karena suksesnya pendidikan anak sudah merupakan tanggungjawab setiap anak bangsa.

“Apa yang dilakukan Rumah Aspirasi Jeriko murni pelayanan kepada para siswa dan siswi. Sentuhan semua pihak adalah bentuk perhatian kasih yang nyata. Tanggalkan cara paham sempit, karena ini adalah bentuk pertanggungjawaban iklas tanpa kepentingan, apalagi kepentingan politik sesaat,” imbaunya (ft/tbr)

  • Share