Selain Uang Ijazah, Ada Dugaan Pungli Lain Di STIKES Nusantara Kupang

  • Share

Kupang, Fajartimor.com,- Ada dugaan pungli lain selain uang Ijazah yang terjadi di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Nusantara Kupang untuk para wisudawan/ti periode Juli 2019.

Berdasarkan informasi yang diperoleh media ini, para wisudawan/ti periode Juli 2019 di kampus STIKES Kupang pada saat mengajukan judul untuk tugas akhir diharuskan membayar biaya sebesar Rp. 500.000,-.

“Selain bayar biaya untuk ajukan judul tugas akhir, ada juga biaya ujian tugas akhir yaitu Rp. 500.000,-” Ungkap salah satu wisudawan periode juli 2019 yang tak mau disebutkan namanya.

Sedangkan untuk mendaftar wisuda pada periode juli 2019, calon wisudawan/ti membayar registrasi wisuda sesuai dengan biaya SPP per semester yakni sebesar Rp. 3.500.000,- tanpa adanya perincian dari biaya tersebut.

“Uang SPP untuk angkatan saya per semester Rp. 3.500.000,- dan itu sudah termasuk biaya perwalian, daftar wisuda kemarin juga kami bayar biaya yang sama tapi untuk perinciannya saya tidak tahu”. Ujarnya

Baru selesai diwisudahkan, para wisudawan/ti periode Juli 2019 yang berjumlah ratusan orang lagi-lagi diwajibkan membayar biaya pengambilan Ijazah sebesar Rp. 1.000.000,-

Seperti yang diberitakan sebelumnya, bahwa ada dugaan pungutan liar sebesar Rp. 1.000.000,- untuk pengambilan Ijazah di Kampus STIKES Nusantara Kupang.

Pengumuman tersebut dikeluarkan pihak Kampus STIKES Nusantara Kupang kepada para wisudawan/ti periode Juli 2019.

Rudyson Doko Patty selaku pihak yang bertanggung jawab dari Kampus STIKES Nusantara Kupang melalui pesan WhattsApp-nya hanya memberikan alasan bahwa hal tersebut diatas ada dalam undang-undang no 12 dan permendikti no 59, tanpa disertai penjabarannya.

“Maaf Om, hal tersebut sudah menjadi Otonomi Perguruan Tinggi, tks (terima kasih,-red). UU 12 dan permen 59 dikti, tolong dibaca baik2, tks”. Tulisnya dalam pesan WhattsApp.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto: File Berita Acara Akreditasi Jurusan

Selain alasan diatas, jawaban lain terkait pungutan biaya pengambilan Ijazah Rp. 1.000.000,- Rudyson melalui pesan WhattsApp, malah mengirimkan foto file berita acara akreditasi jurusan di Kampus STIKES Nusantara Kupang. (Tim/Ft)

  • Share