‘Yang Tersisah Dari Pekerjaan Peningkatan Jalan Tetaf-SP Niki-niki’

  • Share

Kupang, fajartimor.net – PPK Peningkatan Jalan Tetaf-SP Niki-niki, Kecamatan Kuatnana, Kabupaten Timor Tengah Selatan tegas menjelaskan jika pekerjaan yang menghabiskan anggaran APBN 42, 7 miliar tahun anggaran 2023 sudah selesai dikerjakan. Namun uniknya ada saja lempengan-lempengan minor pekerjaan yang belum bisa dijelaskan.

Fakta lapangan, saat tim media ini ada di lokasi pekerjaan tanggal 30 April 2024, terlihat, khusus pekerjaan Drainase dan Pekerjaan bahu jalan konstruksi beton masih sementara dikerjakan para pekerja lapangan.

Saat ditanya media ini, para pekerja ketus menjawab kalau mereka hanya mendapat beban menjalankan dua pekerjaan tersebut. Soal apakah dua pekerjaan tersebut telah melampaui batas kontrak, bukan urursan mereka.

Selanjutnya sumber media ini menginformasikan jika pekerjaan peningkatan jalan Tetaf-SP Niki-niki yang diduga satu paket dengan pekerjaan Drainase dan Pekerjaan Bahu Jalan Konstruksi Beton,mengalami addendum atau pemberian kesempatan.

masih menurut sumber tersebut, Pemberian kesempatan adalah pemberian waktu kepada penyedia untuk menyelesaikan pekerjaan yang dimuat dalam adendum kontrak yang didalamnya mengatur waktu penyelesaian pekerjaan, pengenaan sanksi denda keterlambatan kepada penyedia dan perpanjangan jaminan pelaksanaan.

Gambar badan jalan yang diambil tanggal 30 April 2024. (foto.doc.fajatimor)
Gambar badan jalan yang diambil tanggal 30 April 2024. (foto.doc.fajatimor)

Praksis media ini kemudian mendapatkan informasi  pasti bahwa telah terjadi perpanjangan kontrak hingga 31 Maret 2024.

Pekerjaan Drainase yang masih dikerjakan para pekerja lapangan (foto.doc.fajartimor)
Pekerjaan Drainase yang masih dikerjakan para pekerja lapangan. gambar diambil tanggal 20 Apris 2024 (foto.doc.fajartimor)

Kondisi ini jelas mengisyaratkan, ada dugaan pelanggaran kontrak kerja antara penyedia jasa dengan pejabat pembuat komitmen (PPK), bila dikorelasikan dengan fakta pekerjaan Drainase dan pekerjaan bahu jalan konstruksi beton pada 30 April 2024 yang didapat media ini di lokasi pekerjaan.

Pekerjaan Bahu Jalan Konstruksi Beton (foto.doc.fajartimor.net)
Pekerjaan Bahu Jalan Konstruksi Beton. visual 30 April 2024 (foto.doc.fajartimor.net)

Dari segi Mutu, baik Administrasi, Visual dan Kuantitas kuat dugaan jauh dari harapan. Semua mata pegiat pengadaan barang/jasa kini mengarah kepada PPK.

visual 30 April 2024 (foto.doc.fajartimor)
visual 30 April 2024 (foto.doc.fajartimor)

Akankah PPK melakukan Penilaian Kinerja setelah  Penyedia melakukan serah terima hasil pekerjaan kepada PPK melalui Berita Acara Serah Terima (BAST) dan/atau Berita Acara Serah Terima Akhir (BAST-A) untuk pekerjaan barang/jasa yang memerlukan masa pemeliharaan/garansi; atau ??? (ft/tim)

  • Share